Greta Gerwing, aktris, penulis, dan sutradara. (Pinterest)
Greta Gerwing, aktris, penulis, dan sutradara. (Pinterest)
KOMENTAR

GRETA Gerwig (lahir 4 Agustus 1983, Sacramento, California, AS) adalah seorang aktris, penulis, dan sutradara Amerika yang dikenal karena penampilannya yang polos dalam film-film independen kecil sebelum memulai karier yang sukses sebagai pembuat film.

Pada tahun 2023, ia membuat sejarah ketika film blockbuster musim panasnya Barbie (yang ia tulis bersama pasangannya, Noah Baumbach ) menjadi film terlaris sepanjang masa yang disutradarai seorang perempuan.

Gerwig tumbuh dalam keluarga kelas menengah di Sacramento. Ia bersekolah di sekolah menengah Katolik khusus perempuan , di mana ia mengambil bagian dalam beberapa produksi teater sebelum lulus pada tahun 2002.

Meskipun ia membayangkan belajar teater musikal, ia memilih untuk kuliah di Barnard College di New York City, di mana ia mengambil jurusan Bahasa Inggris (BA, 2006).

Gerwig berakting dan menulis drama saat kuliah, dan ia gagal mendaftar di program magister dalam penulisan drama. Saat kuliah itulah ia diperkenalkan pada seorang pembuat film, Joe Swanberg, yang memilihnya dalam film LOL (2006), sebuah film beranggaran mikro dan hampir tanpa alur cerita tentang pemuda yang disibukkan dengan teknologi yang merupakan contoh mumblecore. Dari situlah Greta memulai karier aktingnya.

Swanberg memilih Gerwig sebagai pemeran utama dalam Hannah Takes the Stairs (2007), dan, meskipun sedikit pengulas menyukai film tersebut, sebagian besar terkesan dengan penampilannya. Ia terus muncul dalam film-film mumblecore selama beberapa tahun berikutnya. Selain itu, ia bermitra dengan Swanberg untuk menulis, menyutradarai, dan membintangi film Nights and Weekends (2008).

Gerwig mengalami terobosan ketika dia berperan dalam film Noah Baumbach, Greenberg (2010), yang dibintangi Ben Stiller. Ia lalu mulai muncul dalam film-film yang lebih konvensional, termasuk film Woody Allen, To Rome with Love (2012).

Ia dan Baumbach menulis Frances Ha (2012), di mana dia membintangi, dan mereka berkolaborasi lagi di Mistress America (2015). Pada tahun 2016, Gerwig berperan sebagai sekretaris sosial Jackie Kennedy dalam 20th Century Women.

Gerwig membuat debutnya yang sangat dinanti-nantikan sebagai penulis solo dan sutradara dengan semi-autobiografi Lady Bird (2017), sebuah kisah tentang kedewasaan yang berfokus pada hubungan antara karakter utama (Saoirse Ronan) dan ibunya (Laurie Metcalf). Gerwig menerima nominasi Academy Award untuk skenario dan penyutradaraannya, dan film tersebut dinominasikan untuk film terbaik.

Gerwig kemudian menggarap novel klasik Louisa May Alcott, Little Women. Film adaptasi yang ditulis dan disutradarainya itu mendapat ulasan yang luar biasa setelah dirilis pada tahun 2019, dan drama tersebut menerima sejumlah nominasi Oscars, termasuk nominasi untuk film terbaik dan skenario adaptasi.

Gerwig kemudian tampil kembali di depan kamera, membintangi White Noise (2022) bersama Adam Driver. Film ini diadaptasi dari novel Don DeLillo tentang sebuah keluarga yang menghadapi peristiwa beracun di udara. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Baumbach.

Pada tahun 2023, Gerwig kembali ke kursi sutradara dengan Barbie, boneka ikonik yang kontroversial.

Film ini mengisahkan tentang Barbie yang beranjak dewasa saat ia menghadapi dunia nyata, dan merupakan pandangan yang merayakan sekaligus kritis terhadap mainan tersebut. Para pemerannya termasuk Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken.

Barbie adalah film terlaris tahun 2023, melampaui 1,4 miliar USD di seluruh dunia. Film ini menerima 9 nominasi Golden Globe Award , memenangkan lagu terbaik (Billie Eilish “What Was I Made For?”) dan penghargaan perdana untuk pencapaian sinematik dan box office.

Film ini juga mencetak 8 nominasi Oscars, termasuk satu untuk film terbaik. Nominasi Gerwig dan Baumbach dalam kategori skenario adaptasi terbaik—bukan skenario asli terbaik —kontroversial.

Yang lebih kontroversial lagi adalah penolakan Gerwig, seperti yang disebut beberapa penggemar, untuk nominasi sutradara terbaik. Yang juga hilang dalam daftar nominasi adalah Robbie untuk aktris terbaik.

Pada tahun 2024, Gerwig membahas kontroversi tersebut, mengatakan kepada majalah Time , “Tentu saja saya menginginkannya untuk Margot. Tapi saya senang kita semua bisa berada di sana bersama-sama.”




Perjalanan Karier Inspiratif Dian Mirza

Sebelumnya

Ravena Wulandari, Satu-satunya Finalis Miss Universe Indonesia yang Mengenakan Hijab

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women